Senin, 05 Desember 2011

Sejarah

Web browser pertama diciptakan pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Itu disebut WorldWideWeb (tanpa spasi) dan kemudian berganti nama menjadi Nexus [5].
Pada tahun 1993, perangkat lunak browser semakin inovasi oleh Marc Andreesen dengan merilis Mosaic (kemudian Netscape), "browser pertama populer di dunia", [6] yang membuat sistem World Wide Web yang mudah digunakan dan lebih mudah diakses rata-rata orang. Browser Andreesen memicu booming internet tahun 1990 [6]. Ini adalah dua tonggak utama dalam sejarah Web.
Pengenalan NCSA Mosaic browser Web pada tahun 1993 - salah satu web browser grafis pertama - menyebabkan ledakan dalam menggunakan web. Marc Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-dipengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser paling populer di dunia, akuntansi untuk 90% dari semua penggunaan web di puncaknya (lihat bagian penggunaan web browser).
Microsoft menanggapi dengan Internet Explorer di 1995 (juga sangat dipengaruhi oleh Musa), memulai perang browser pertama di industri. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar browser web, Internet Explorer berbagi penggunaan memuncak di lebih dari 95% pada tahun 2002 [7].
Opera debutnya pada tahun 1996, meskipun belum pernah dicapai digunakan secara luas, memiliki kurang dari 1% pangsa penggunaan browser pada Februari 2009 menurut Net Applications, [8] harus tumbuh 2,14 pada April 2011 Opera mini versi memiliki pangsa aditif, pada April 2011 sebesar 1,11% dari keseluruhan menggunakan browser, tetapi terfokus pada pasar yang tumbuh cepat web ponsel mobile browser, yang terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel. Hal ini juga tersedia di beberapa embedded system lain, termasuk konsol video permainan Nintendo Wii.
Pada tahun 1998, Netscape diluncurkan apa yang menjadi Mozilla Foundation dalam upaya untuk menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan model perangkat lunak open source. Bahwa browser akhirnya akan berkembang menjadi Firefox, yang mengembangkan berikut terhormat sementara masih dalam tahap beta pembangunan;. Lama setelah rilis Firefox 1.0 pada akhir 2004, Firefox (semua versi) menyumbang 7,4% dari menggunakan browser [7] Sebagai Agustus 2011, Firefox memiliki pangsa pasar 27,7%. [8]
Apple Safari telah rilis beta pertama pada Januari 2003;. Per April 2011, ia memiliki saham dominan dari Apple berbasis web browsing, akuntansi selama lebih dari 7,15% dari pasar browser seluruh [8]
Para peserta utama terbaru ke pasar browser Google Chrome, pertama kali dirilis pada bulan September 2008. Mengambil-up Chrome telah meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa pasar dari 7,7 persen menjadi 15,5 persen pada Agustus 2011. Peningkatan ini sebagian besar tampaknya harus mengorbankan Internet Explorer, yang berbagi cenderung menurun dari bulan ke bulan. [9]


by Hendri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar