Selasa, 06 Desember 2011

Astronom Temukan 18 Planet Baru

VIVAnews - Astronom menemukan 18 planet baru. Seluruh planet tersebut merupakan planet gas raksasa berukuran sebesar Jupiter dan mengitari sebuah bintang yang lebih besar dibanding matahari kita. Temuan ini meningkatkan jumlah planet yang diketahui mengorbiti bintang raksasa hingga 50 persen.

Planet-planet baru itu juga ditemukan hanya beberapa bulan setelah kelompok peneliti lain mengumumkan temuan 50 dunia dengan kehidupan lain, termasuk sebuah planet berbatu yang berpotensi mengandung kehidupan didalamnya.

Planet ditemukan beberapa bulan setelah peneliti lain mengumumkan temuan 50 dunia lain.

 

Planet-planet baru itu ditemukan beberapa bulan setelah peneliti lain mengumumkan temuan 50 dunia dengan kehidupan lain, termasuk sebuah planet berbatu yang berpotensi mengandung kehidupan. (NASA / Daily Mail)
 Jumlah planet alien yang sudah diketahui ini kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 700 buah dan angkanya terus meningkat pesat.

Dikutip dari laman Space, 5 Desember 2011, saat ditemukan, peneliti tengah mengobservasi sekitar 300 bintang menggunakan observatorium Keck di Hawaii dan perangkat-perangkat yang ada di Texas dan Arizona, Amerika Serikat.

Pada penelitian, mereka fokus ke pencarian apa yang disebu dengan bintang tipe A yang sudah ‘pensiun’ dan memiliki ukuran setidaknya 1,5 kali lipat lebih raksasa dibandingkan dengan matahari kita.
Serupa Jupiter
Bintang-bintang tersebut sudah melampaui tahapan utama dalam hidupnya dan kini tengah membesar menjadi apa yang disebut dengan subgiant star.

Para astronom kemudian meneliti bintang-bintang tersebut, mencari adanya guncangan kecil yang disebabkan oleh sentakan gravitasi dari planet yang mengorbit.

Akhirnya, proses pencarian itu mengungkapkan adanya 18 buah dunia alien yang baru, dan semuanya memiliki massa serupa dengan Jupiter. Seluruh planet itu mengorbit relatif dekat dengan matahari mereka, dalam jarak setidaknya 0,7 kali jarak Bumi ke matahari (sekitar 150 juta kilometer).

Temuan planet-planet baru ini dipublikasikan di jurnal Astrophysical Journal Supplement Series. (ren)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar